MAZMUR 23:1-6

119:1. Berbahagialah orang-orang yang hidupnya tidak bercela, yang hidup menurut Taurat TUHAN. 119:2 Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatan-Nya, yang mencari Dia dengan segenap hati, 119:3 yang juga tidak melakukan kejahatan, tetapi yang hidup menurut jalan-jalan yang ditunjukkan-Nya. 119:4. Engkau sendiri telah menyampaikan titah-titah-Mu, supaya dipegang dengan sungguh-sungguh. 119:5 Sekiranya hidupku tentu untuk berpegang pada ketetapan-Mu! 119:6 Maka aku tidak akan mendapat malu, apabila aku mengamat-amati segala perintah-Mu. 119:7. Aku akan bersyukur kepada-Mu dengan hati jujur, apabila aku belajar hukum-hukum-Mu yang adil. 119:8 Aku akan berpegang pada ketetapan-ketetapan-Mu, janganlah tinggalkan aku sama sekali. 119:9. Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. 119:10. Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau, janganlah biarkan aku menyimpang dari perintah-perintah-Mu. 119:11. Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau. 119:12. Terpujilah Engkau, ya TUHAN; ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku. 119:13. Dengan bibirku aku menceritakan segala hukum yang Kauucapkan. 119:14 Atas petunjuk peringatan-peringatan-Mu aku bergembira, seperti atas segala harta. 119:15 Aku hendak merenungkan titah-titah-Mu dan mengamat-amati jalan-jalan-Mu. 119:16 Aku akan bergemar dalam ketetapan-ketetapan-Mu; firman-Mu tidak akan kulupakan. 119:17. Lakukanlah kebajikan kepada hamba-Mu ini, supaya aku hidup, dan aku hendak berpegang pada firman-Mu. 119:18. Singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaiban-keajaiban dari Taurat-Mu. 119:19. Aku ini orang asing di dunia, janganlah sembunyikan perintah-perintah-Mu terhadap aku. 119:20. Hancur jiwaku karena rindu kepada hukum-hukum-Mu setiap waktu. 119:21. Engkau menghardik orang-orang yang kurang ajar, terkutuklah orang yang menyimpang dari perintah-perintah-Mu. 119:22. Gulingkanlah dari atasku cela dan penghinaan, sebab aku memegang peringatan-peringatan-Mu. 119:23. Sekalipun pemuka-pemuka duduk bersepakat melawan aku, hamba-Mu ini merenungkan ketetapan-ketetapan-Mu. 119:24. Ya, peringatan-peringatan-Mu menjadi kegemaranku, menjadi penasihat-penasihatku. 119:25. Jiwaku melekat kepada debu, hidupkanlah aku sesuai dengan firman-Mu. 119:26. Jalan-jalan hidupku telah aku ceritakan dan Engkau menjawab aku--ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku. 119:27 Buatlah aku mengerti petunjuk titah-titah-Mu, supaya aku merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib. 119:28. Jiwaku menangis karena duka hati, teguhkanlah aku sesuai dengan firman-Mu. 119:29 Jauhkanlah jalan dusta dari padaku, dan karuniakanlah aku Taurat-Mu. 119:30. Aku telah memilih jalan kebenaran, telah menempatkan hukum-hukum-Mu di hadapanku. 119:31 Aku telah berpaut pada peringatan-peringatan-Mu, ya TUHAN, janganlah membuat aku malu. 119:32 Aku akan mengikuti petunjuk perintah-perintah-Mu, sebab Engkau melapangkan hatiku. 119:33. Perlihatkanlah kepadaku, ya TUHAN, petunjuk ketetapan-ketetapan-Mu, aku hendak memegangnya sampai saat terakhir. 119:34 Buatlah aku mengerti, maka aku akan memegang Taurat-Mu; aku hendak memeliharanya dengan segenap hati. 119:35. Biarlah aku hidup menurut petunjuk perintah-perintah-Mu, sebab aku menyukainya. 119:36 Condongkanlah hatiku kepada peringatan-peringatan-Mu, dan jangan kepada laba. 119:37. Lalukanlah mataku dari pada melihat hal yang hampa, hidupkanlah aku dengan jalan-jalan yang Kautunjukkan! 119:38. Teguhkanlah pada hamba-Mu ini janji-Mu, yang berlaku bagi orang yang takut kepada-Mu. 119:39. Lalukanlah celaku yang menggetarkan aku, karena hukum-hukum-Mu adalah baik. 119:40. Sesungguhnya aku rindu kepada titah-titah-Mu, hidupkanlah aku dengan keadilan-Mu! 119:41. Kiranya kasih setia-Mu mendatangi aku, ya TUHAN, keselamatan dari pada-Mu itu sesuai dengan janji-Mu, 119:42 supaya aku dapat memberi jawab kepada orang yang mencela aku, sebab aku percaya kepada firman-Mu. 119:43. Janganlah sekali-kali mencabut firman kebenaran dari mulutku, sebab aku berharap kepada hukum-hukum-Mu. 119:44 Aku hendak berpegang pada Taurat-Mu senantiasa, untuk seterusnya dan selamanya. 119:45. Aku hendak hidup dalam kelegaan, sebab aku mencari titah-titah-Mu. 119:46 Aku hendak berbicara tentang peringatan-peringatan-Mu di hadapan raja-raja, dan aku tidak akan mendapat malu. 119:47 Aku hendak bergemar dalam perintah-perintah-Mu yang kucintai itu. 119:48 Aku menaikkan tanganku kepada perintah-perintah-Mu yang kucintai, dan aku hendak merenungkan ketetapan-ketetapan-Mu. 119:49. Ingatlah firman yang Kaukatakan kepada hamba-Mu, oleh karena Engkau telah membuat aku berharap. 119:50. Inilah penghiburanku dalam sengsaraku, bahwa janji-Mu menghidupkan aku. 119:51. Orang-orang yang kurang ajar sangat mencemoohkan aku, tetapi aku tidak menyimpang dari Taurat-Mu. 119:52. Aku ingat kepada hukum-hukum-Mu yang dari dahulu kala, ya TUHAN, maka terhiburlah aku. 119:53. Aku menjadi gusar terhadap orang-orang fasik, yang meninggalkan Taurat-Mu. 119:54. Ketetapan-ketetapan-Mu adalah nyanyian mazmur bagiku di rumah yang kudiami sebagai orang asing. 119:55. Pada waktu malam aku ingat kepada nama-Mu, ya TUHAN; aku hendak berpegang pada Taurat-Mu. 119:56 Inilah yang kuperoleh, bahwa aku memegang titah-titah-Mu. 119:57. Bagianku ialah TUHAN, aku telah berjanji untuk berpegang pada firman-firman-Mu. 119:58. Aku memohon belas kasihan-Mu dengan segenap hati, kasihanilah aku sesuai dengan janji-Mu. 119:59. Aku memikirkan jalan-jalan hidupku, dan melangkahkan kakiku menuju peringatan-peringatan-Mu. 119:60 Aku bersegera dan tidak berlambat-lambat untuk berpegang pada perintah-perintah-Mu. 119:61. Tali-tali orang-orang fasik membelit aku, tetapi Taurat-Mu tidak kulupakan. 119:62. Tengah malam aku bangun untuk bersyukur kepada-Mu atas hukum-hukum-Mu yang adil. 119:63. Aku bersekutu dengan semua orang yang takut kepada-Mu, dan dengan orang-orang yang berpegang pada titah-titah-Mu. 119:64. Bumi penuh dengan kasih setia-Mu, ya TUHAN, ajarkanlah ketetapan-ketetap kepadaku. 119:65. Kebajikan telah Kaulakukan kepada hamba-Mu, ya TUHAN, sesuai dengan firman-Mu. 119:66 Ajarkanlah kepadaku kebijaksanaan dan pengetahuan yang baik, sebab aku percaya kepada perintah-perintah-Mu. 119:67. Sebelum aku tertindas, aku menyimpang, tetapi sekarang aku berpegang pada janji-Mu. 119:68. Engkau baik dan berbuat baik; ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku. 119:69. Orang yang kurang ajar menodai aku dengan dusta, tetapi aku, dengan segenap hati aku akan memegang titah-titah-Mu. 119:70 Hati mereka tebal seperti lemak, tetapi aku, Taurat-Mu ialah kesukaanku. 119:71. Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu. 119:72. Taurat yang Kausampaikan adalah baik bagiku, lebih dari pada ribuan keping emas dan perak. 119:73. Tangan-Mu telah menjadikan aku dan membentuk aku, berilah aku pengertian, supaya aku dapat belajar perintah-perintah-Mu. 119:74. Orang-orang yang takut kepada-Mu melihat aku dan bersukacita, sebab aku berharap kepada firman-Mu. 119:75. Aku tahu, ya TUHAN, bahwa hukum-hukum-Mu adil, dan bahwa Engkau telah menindas aku dalam kesetiaan. 119:76. Biarlah kiranya kasih setia-Mu menjadi penghiburanku, sesuai dengan janji yang Kauucapkan kepada hamba-Mu. 119:77 Biarlah rahmat-Mu sampai kepadaku, supaya aku hidup, sebab Taurat-Mu adalah kegemaranku. 119:78. Biarlah orang-orang yang kurang ajar mendapat malu, karena mereka berlaku bengkok terhadap aku tanpa alasan; tetapi aku akan merenungkan titah-titah-Mu. 119:79 Biarlah berbalik kepadaku orang-orang yang takut kepada-Mu, orang-orang yang tahu peringatan-peringatan-Mu. 119:80. Biarlah hatiku tulus dalam ketetapan-ketetapan-Mu, supaya jangan aku mendapat malu. 119:81. Habis jiwaku merindukan keselamatan dari pada-Mu, aku berharap kepada firman-Mu. 119:82 Habis mataku merindukan janji-Mu; aku berkata: "Bilakah Engkau akan menghiburkan aku?" 119:83. Sebab aku telah menjadi seperti kirbat yang diasapi; namun ketetapan-ketetapan-Mu tidak kulupakan. 119:84. Berapa lagi hari-hari hamba-Mu ini? Bilakah Engkau menghukum orang-orang yang mengejar aku? 119:85. Orang-orang yang kurang ajar telah menggali lobang bagiku, orang-orang yang tidak menuruti Taurat-Mu. 119:86 Segala perintah-Mu dapat dipercaya; mereka mengejar aku tanpa alasan--tolonglah aku! 119:87 Hampir saja mereka menghabisi aku di bumi, tetapi aku tidak meninggalkan titah-titah-Mu. 119:88. Hidupkanlah aku sesuai dengan kasih setia-Mu, supaya aku berpegang pada peringatan yang Kauberikan. 119:89. Untuk selama-lamanya, ya TUHAN, firman-Mu tetap teguh di sorga. 119:90 Kesetiaan-Mu dari keturunan ke keturunan; Engkau menegakkan bumi, sehingga tetap ada. 119:91 Menurut hukum-hukum-Mu semuanya itu ada sekarang, sebab segala sesuatu melayani Engkau. 119:92. Sekiranya Taurat-Mu tidak menjadi kegemaranku, maka aku telah binasa dalam sengsaraku. 119:93. Untuk selama-lamanya aku tidak melupakan titah-titah-Mu, sebab dengan itu Engkau menghidupkan aku. 119:94. Aku kepunyaan-Mu, selamatkanlah aku, sebab aku mencari titah-titah-Mu. 119:95. Orang-orang fasik menantikan aku untuk membinasakan aku; tetapi aku hendak memperhatikan peringatan-peringatan-Mu. 119:96. Aku melihat batas-batas kesempurnaan, tetapi perintah-Mu luas sekali. 119:97. Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari. 119:98. Perintah-Mu membuat aku lebih bijaksana dari pada musuh-musuhku, sebab selama-lamanya itu ada padaku. 119:99 Aku lebih berakal budi dari pada semua pengajarku, sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan. 119:100 Aku lebih mengerti dari pada orang-orang tua, sebab aku memegang titah-titah-Mu. 119:101. Terhadap segala jalan kejahatan aku menahan kakiku, supaya aku berpegang pada firman-Mu. 119:102. Aku tidak menyimpang dari hukum-hukum-Mu, sebab Engkaulah yang mengajar aku. 119:103. Betapa manisnya janji-Mu itu bagi langit-langitku, lebih dari pada madu bagi mulutku. 119:104 Aku beroleh pengertian dari titah-titah-Mu, itulah sebabnya aku benci segala jalan dusta. 119:105. Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. 119:106. Aku telah bersumpah dan aku akan menepatinya, untuk berpegang pada hukum-hukum-Mu yang adil. 119:107. Aku sangat tertindas, ya TUHAN, hidupkanlah aku sesuai dengan firman-Mu. 119:108. Kiranya persembahan sukarela yang berupa puji-pujian berkenan kepada-Mu, ya TUHAN, dan ajarkanlah hukum-hukum-Mu kepadaku. 119:109. Aku selalu mempertaruhkan nyawaku, namun Taurat-Mu tidak kulupakan. 119:110 Orang-orang fasik telah memasang jerat terhadap aku, tetapi aku tidak sesat dari titah-titah-Mu. 119:111. Peringatan-peringatan-Mu adalah milik pusakaku untuk selama-lamanya, sebab semuanya itu kegirangan hatiku. 119:112 Telah kucondongkan hatiku untuk melakukan ketetapan-ketetapan-Mu, untuk selama-lamanya, sampai saat terakhir. 119:113. Orang yang bimbang hati kubenci, tetapi Taurat-Mu kucintai. 119:114. Engkaulah persembunyianku dan perisaiku; aku berharap kepada firman-Mu. 119:115. Menjauhlah dari padaku, hai penjahat-penjahat; aku hendak memegang perintah-perintah Allahku. 119:116. Topanglah aku sesuai dengan janji-Mu, supaya aku hidup, dan janganlah membuat aku malu dalam pengharapanku. 119:117 Sokonglah aku, supaya aku selamat; aku hendak bersukacita dalam ketetapan-ketetapan-Mu senantiasa. 119:118. Engkau menolak semua orang yang sesat dari ketetapan-ketetapan-Mu, sebab sia-sia tipu muslihat mereka. 119:119 Sebagai sanga Kauanggap semua orang fasik di bumi; sebab itu aku mencintai peringatan-peringatan-Mu. 119:120 Badanku gemetar karena ketakutan terhadap Engkau, aku takut kepada penghukuman-Mu. 119:121. Aku telah menjalankan hukum dan keadilan; janganlah menyerahkan aku kepada pemeras-pemerasku! 119:122 Jadilah jaminan bagi hamba-Mu untuk kebaikan, janganlah orang-orang yang kurang ajar memeras aku. 119:123. Mataku sangat merindukan keselamatan dari pada-Mu dan merindukan janji-Mu yang adil. 119:124. Perlakukanlah hamba-Mu sesuai dengan kasih setia-Mu, dan ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku. 119:125 Hamba-Mu aku ini, buatlah aku mengerti, supaya aku tahu peringatan-peringatan-Mu. 119:126. Waktu untuk bertindak telah tiba bagi TUHAN; mereka telah merombak Taurat-Mu. 119:127. Itulah sebabnya aku mencintai perintah-perintah-Mu lebih dari pada emas, bahkan dari pada emas tua. 119:128 Itulah sebabnya aku hidup jujur sesuai dengan segala titah-Mu; segala jalan dusta aku benci. 119:129. Peringatan-peringatan-Mu ajaib, itulah sebabnya jiwaku memegangnya. 119:130. Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh. 119:131. Mulutku kungangakan dan megap-megap, sebab aku mendambakan perintah-perintah-Mu. 119:132. Berpalinglah kepadaku dan kasihanilah aku, sebagaimana sepatutnya terhadap orang-orang yang mencintai nama-Mu. 119:133. Teguhkanlah langkahku oleh janji-Mu, dan janganlah segala kejahatan berkuasa atasku. 119:134. Bebaskanlah aku dari pada pemerasan manusia, supaya aku berpegang pada titah-titah-Mu. 119:135. Sinarilah hamba-Mu dengan wajah-Mu, dan ajarkanlah ketetapan-ketetapan-kepadaku. 119:136. Air mataku berlinang seperti aliran air, karena orang tidak berpegang pada Taurat-Mu. 119:137. Engkau adil, ya TUHAN, dan hukum-hukum-Mu benar. 119:138 Telah Kauperintahkan peringatan-peringatan-Mu dalam keadilan dan dalam kesetiaan belaka. 119:139. Nyala cintaku menghabiskan aku, sebab para lawanku melupakan segala firman-Mu. 119:140. Janji-Mu sangat teruji, dan hamba-Mu mencintainya. 119:141. Aku ini kecil dan hina, tetapi titah-titah-Mu tidak kulupakan. 119:142. Keadilan-Mu adil untuk selama-lamanya, dan Taurat-Mu benar. 119:143. Aku ditimpa kesesakan dan kesusahan, tetapi perintah-perintah-Mu menjadi kesukaanku. 119:144 Peringatan-peringatan-Mu adil untuk selama-lamanya, buatlah aku mengerti, supaya aku hidup. 119:145. Aku berseru dengan segenap hati; jawablah aku, ya TUHAN! Ketetapan-ketetapan-Mu hendak kupegang. 119:146 Aku berseru kepada-Mu; selamatkanlah aku! Aku hendak berpegang pada peringatan-peringatan-Mu. 119:147. Pagi-pagi buta aku bangun dan berteriak minta tolong; aku berharap kepada firman-Mu. 119:148 Aku bangun mendahului waktu jaga malam untuk merenungkan janji-Mu. 119:149. Dengarlah suaraku sesuai dengan kasih setia-Mu; ya TUHAN, hidupkanlah aku sesuai dengan hukum-Mu. 119:150. Mendekat orang-orang yang mengejar aku dengan maksud jahat, mereka menjauh dari Taurat-Mu. 119:151 Engkau dekat, ya TUHAN, dan segala perintah-Mu adalah benar. 119:152. Sejak dahulu aku tahu dari peringatan-peringatan-Mu, bahwa Engkau telah menetapkannya untuk selama-lamanya. 119:153. Lihatlah sengsaraku dan luputkanlah aku, sebab Taurat-Mu tidak kulupakan. 119:154 Perjuangkanlah perkaraku dan tebuslah aku, hidupkanlah aku sesuai dengan janji-Mu. 119:155. Keselamatan menjauh dari orang-orang fasik, sebab ketetapan-ketetapan-M tidaklah mereka cari. 119:156. Rahmat-Mu berlimpah, ya TUHAN, hidupkanlah aku sesuai dengan hukum-hukum-Mu. 119:157. Pengejar dan lawanku banyak, tetapi aku tidak menyimpang dari peringatan-peringatan-Mu. 119:158. Melihat pengkhianat-pengkhianat, aku merasa jemu, karena mereka tidak berpegang pada janji-Mu. 119:159. Lihatlah, betapa aku mencintai titah-titah-Mu! Ya TUHAN, hidupkanlah aku sesuai dengan kasih setia-Mu. 119:160. Dasar firman-Mu adalah kebenaran dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah untuk selama-lamanya. 119:161. Pembesar-pembesar mengejar aku tanpa alasan, tetapi hanya terhadap firman-Mu hatiku gemetar. 119:162. Aku gembira atas janji-Mu, seperti orang yang mendapat banyak jarahan. 119:163. Aku benci dan merasa jijik terhadap dusta, tetapi Taurat-Mu kucintai. 119:164. Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil. 119:165. Besarlah ketenteraman pada orang-orang yang mencintai Taurat-Mu, tidak ada batu sandungan bagi mereka. 119:166. Aku menantikan keselamatan dari pada-Mu, ya TUHAN, dan aku melakukan perintah-perintah-Mu. 119:167. Aku berpegang pada peringatan-peringatan-Mu, dan aku amat mencintainya. 119:168 Aku berpegang pada titah-titah-Mu dan peringatan-peringatan-Mu, sebab seluruh hidupku terbuka di hadapan-Mu. 119:169. Biarlah teriakku sampai ke hadapan-Mu, ya TUHAN; berilah aku pengertian sesuai dengan firman-Mu. 119:170 Biarlah permohonanku datang ke hadapan-Mu; lepaskanlah aku sesuai dengan janji-Mu. 119:171. Biarlah bibirku mengucapkan puji-pujian, sebab Engkau mengajarkan ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku. 119:172. Biarlah lidahku menyanyikan janji-Mu, sebab segala perintah-Mu benar. 119:173. Biarlah tangan-Mu menjadi penolongku, sebab aku memilih titah-titah-Mu. 119:174 Aku rindu kepada keselamatan dari pada-Mu, ya TUHAN, dan Taurat-Mu menjadi kesukaanku. 119:175. Biarlah jiwaku hidup, supaya memuji-muji Engkau, dan biarlah hukum-hukum-Mu menolong aku. 119:176. Aku sesat seperti domba yang hilang, carilah hamba-Mu ini, sebab perintah-perintah-Mu tidak kulupakan.. ~ IMANUEL ~

Minggu, 11 Juli 2010

Tembok Ratapan


"Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku;
tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku" (Yesaya 49:16).

Tembok Barat yang berada di wilayah kota tua Yerusalem merupakan bagian dari dinding tembok di wilayah Bukit Bait Suci (Temple Mount) yang masih tersisa sejak dirobohkannya Bait Suci Yahudi Kedua pada tahun 70 masehi. Tembok Barat ini kemudian menjadi tempat yang paling sakral bagi bangsa Yahudi baik secara tradisi maupun religi. Kesadaran nasional bangsa ini tentang Tembok Barat didasarkan atas dekatnya lokasi ini dengan Ruang Maha Kudus Bait Suci di Temple Mount, tempat dimana dianggap ada "kehadiran Yahweh" yang tidak pernah pergi dari situ. Dalam perjalanan sejarahnya kemudian, Tembok Barat menjadi satu-satunya tempat bagi bangsa Yahudi untuk meratapi pembinasaan dan pengasingan Israel dan penghancuran Bait Suci mereka. Selain itu tempat ini juga menjadi tempat komuni bagi bangsa ini untuk menyatakan "kesatuan nasional" di abad ini dengan menyatukan visi sejarah dan kemuliaan Israel di masa depan dengan terus "meratap" kepada Yahweh dalam suatu wujud pertobatan nasional dengan berharap Bait Suci Ketiga Yahudi akan segera dibangun kembali di tempatnya semula. Itu sebabnya Tembok Barat kemudian dikenal juga sebagai "Tembok Ratapan". Bagaimanakah nilai-nilai religius ini diterjemahkan sebagai suatu pemahaman spiritual atas gereja Tuhan? Bagaimanakah umat Perjanjian Baru seharusnya belajar dari bayangan/gambaran yang dinyatakan dalam ritual kehidupan dan tradisi umat Perjanjian Lama? Jelas, pemakaian kitab Perjanjian (Lama) yang sama atas gereja Tuhan bukan untuk data sejarah, bukan? Tetapi untuk mengerti prinsip-prinsip ibadah dan makna Elohim-nya. Berikut ini kita akan memperhatikan gambaran perjuangan bangsa Yahudi dalam menggenapi cita-cita religius mereka untuk menghadirkan kembali "The Center of Jewish Lives" melalui suatu "symbol penyatuan", Tembok Ratapan.

THE WALL
Awalnya, sebagian besar Tembok Barat dari The Temple Mount, sepanjang 485 meter, tersembunyi oleh bangunan-bangunan yang berdiri disekelilingnya. Sampai bulan Juni 1967 bagian dinding yang dapat diakses tidak lebih dari 28 meter saja. Di depannya ada suatu lorong dengan jalan berbatu selebar 3,5 meter yang berbatasan dengan daerah hunian kumuh. Tembok yang berada diatas tanah terdiri dari 24 baris batu yang berbeda dan dari zaman yang berbeda pula. Tinggi totalnya mencapai 18 meter (6 meter diatas ketinggian Temple Mount). Di tahun 1967 diadakan penggalian yang menemukan adanya 19 baris batu lagi terkubur di dalam tanah, barisan batu yang paling bawah. disatukan/bersatu dengan batu karang alam Lembah Tyropoeon. Tahun 1968 tanah di depan tembok tersebut digali dan ditemukan dua baris batu dari periode Bait Suci Kedua zaman Herodian yang terkubur.

Tampak bahwa keseluruhan Tembok Barat ini berdiri diatas 7 lapisan batu yang sangat besar yang menjadi fondasinya, terdiri dari 21 barisan batu di dalam tanah dan 24 barisan batu diatas tanah (catatan: angka 7, 21 (3), dan 24 (6) memiliki nilai religius tersendiri secara tradisi Yahudi). Bagian tembok yang diatas terdiri dari empat barisan yang lebih kecil yang berasal dari periode zaman Romawi dan Byzantium. Bagian-bagian tertentu di bagian atas merupakan konstruksi tambahan/perbaikan dari zaman pendudukan Islam sampai abad 13. Para peziarah Yahudi yang datang dari seluruh dunia selama berabad-abad selalu berusaha untuk mengambil batu-batuan Tembok barat ini karena mereka sangat percaya itu adalah bagian dari Bait Suci Pertama dan Kedua. Batu-batu disitu rata-rata mempunyai lebar 1 meter dan panjang 3 meter, tetapi beberapa batu mencapai panjang 12 meter dengan berat bisa mencapai 100 ton. Kemungkinan mereka juga mengadakan penggalian di Goa Zedkiah (dekat Damascus Gate).

Untuk mengimbangi tekanan alami dari belakang Tembok Barat, area Temple Mount, setiap barisan batu dibuat mundur sepanjang beberapa centimeter, dengan demikian tembok tersebut mengalami sedikit kemiringan ke arah timur. Faktor ini, juga beratnya batu-batuan, dan cara pemotongannya yang akurat dalam perhitungan, menjadikan Tembok Barat memiliki kestabilan yang "tidak biasa" dalam hitungan matematik.




Terowongan bawah tanah di mulai dari bagian barat-laut plaza doa sampai dengan bagian dekat Tembok Barat yang tersembunyi oleh bangunan-bangunan. Melewati suatu siperstem aliran air yang melengkung sampai ke kolam air. Sepanjang 350 meter dari dari dinding telah dibuka sampai ketepi utara dimana terletak sudut utara-barat Temple Mount. Di terowongan yang paling besar ditemukan bagian batu Tembok Barat berukuran raksasa sepanjang 60 meter dengan lebar 3 meter dan tinggi 4 meter, dengan perkiraan berat sekitar 570 ton.
TRADISI YAHUDI dan TEMBOK BARAT
Sejak tahun 132 sM (saat gagalnya pemberontakan Bar Kokhba), para pendoa Israel baik yang tinggal di tanah Israel maupun di pembuangan (diaspora ke bangsa-bangsa), selalu mengarahkan pandangannya kepada lokasi Bait Suci yang telah dirobohkan. Bait Suci itu sendiri, seperti semua struktur bangunan di Temple Mount, selalu menjadi pusat perhatian bangsa Yahudi dari generasi ke generasi. Sumber Yahudi, Midrashic, selalu berbicara tentang Tembok Barat dalam hubungannya dengan Ruang Maha Kudus dimana "kehadiran Yahweh" tidak pernah berpindah. Sejak Bait Suci dirobohkan, mereka percaya bahwa kehadiran yang Elohim tersebut telah menyatu dengan Tembok Barat.

Sumber-sumber Yahudi pada abad 16 banyak mencatat tentang lokasi bekas Bait Suci tetapi tidak pernah menyebut secara spesifik mengenai Tembok Barat. Meskipin demikian, gulungan kitab Ahimaaz dari abad ke-11 menuliskan adanya sinagog disisi Tembok barat, dan seorang bernama Benyamin dari Tudela (hidup di abad-12) menyebutkan Tembok Barat bersama dengan Mercy Gate atau Golden Gate (yang ada di bagian Tembok Timur The Temple Mount).

Keberadaan tembok Barat menjadi sesuatu yang "permanent" dalam jiwa tradisi kehidupan bangsa Yahudi dimulai sejak tahun 1520, diketahui berdasarkan data-data yang ditulis oleh para imigran Yahudi yang pulang ke Israel dari Spanyol segera setelah penaklukkan Turkey tahun 1518. Sejak saat itu semua yang sumber literature Yahudi mendiskripsikan Tembok Barat sebagai pusat doa bagi bangsa Yahudi. Menurut suatu tradisi yang dinyatakan oleh Moses Hafiz, ketika Sultan Suleiman menaklukkan Yerusalem ia juga telah memerintahkan untuk memperbaiki tembok-tembok kota tua Yerusalem dan membersihkannya dari timbunan sampah yang telah menutupi tembok-tembok. Ia juga yang memberi izin kepada bangsa Yahudi untuk berdoa di Tembok Barat. Pada saat itu tidak ada satu buktipun yang menyatakan ketertarikan bangsa Arab atas Tembok Barat. Wilayah Arab yang disebut dengan Moghrabi Quarter berada tidak jauh dari situ, berdiri sejak 1320. Sejak awal bangsa Yahudi menaikkan doa-doa mereka di Tembok Barat dengan tidak terganggu oleh klaim-klaim lokasi dari pihak manapun. Dibelinya seluruh lokasi The Temple Mount oleh Raja Daud menjadi dasar kepemilikan yang kuat atas lokasi ini.
PERJALANAN SEJARAH
Dengan ekspansi populasi Yahudi di Tanah Israel di awal abad 19 dan sesudahnya, dan dengan adanya peningkatan jumlah pengunjung/peziarah Yahudi dari seluruh dunia ke Yerusalem, maka popularitas Tembok Barat bertumbuh diantara bangsa Yahudi sendiri. Ada konsensus bersama untuk menganggap Tembok Barat sebagai pengganti sementara Bait Suci. Keberadaan Tembok Barat mulai digambarkan dalam berbagai kegiatan kesenian rakyat tradisional, dan juga nantinya dalam kesenian modern Israel seperti seni lukis, dan juga muncul dalam berbagai literatur Israel.
Abad 19 juga merupakan awal dari penelitian dan penemuan-penemuan arkeologi di Tembok Barat, dan bukti-bukti arkeologi ini semakin meneguhkan kepemilikan Yahudi atas seluruh wilayah The Temple Mount. Di tahun 1838 Robinson menemukan bangunan melengkung dibawah tanah yang diberi nama menurut namanya, kemudian di tahun 1850 Barclay menemukan pintu gerbang kuno, sebuah jalan masuk ke Bait Suci (sekarang berada diujung dari wilayah doa wanita). Di tahun 1865 Wilson menemukan jembatan penghubung pintu masuk Bait Suci yang didiskripsikan sebelumnya oleh Tobler tahun 1830. Di tahun 1867 Charles Warren melakukan penggalian untuk mendapatkan ukuran panjang seluruh Tembok Barat, dan ia menemukan lorong (tunnel) bawah tanah yang menjadi kontroversial di tahun-tahun berikutnya.

Di abad 19 itu juga bangsa Yahudi mencoba untuk memegang hak kontrol atas Tembok Barat yang berada dalam pendudukan Turkey. Tahun 1850 Hakham Abdullah, seorang Yahudi dari Bombay gagal dalam usahanya untuk membeli Tembok Barat. Sir Moses Montefiore, seorang Yahudi Inggris juga gagal mencoba mendapatkan izin untuk menempatkan instalasi perlindungan hujan di Tembok Barat. Tetapi izin untuk pengaspalan/pengerasan jalan berhasil diperoleh orang Yahudi dari pemerintahan pendudukan.
Dalam tahun 1887, Baron Rothschild, seorang pemuka Yahudi Internasional, berdasarkan kerjasama dengan komunitas Yahudi Sephardim, menawarkan untuk membeli seluruh wilayah Moghrabi Quarter dan merelokasi penduduknya ketempat lain, kemudian merobohkan semua bangunan disana. Rencana tersebut tidak pernah menjadi kenyataan, tidak hanya karena orang muslim yang keberatan tetapi juga karena adanya ketidaksesuaian pendapat diantara komunitas Yahudi Sephardim tersebut. Tahun 1912 otoritas Turkey memerintahkan untuk memindahkan sekat-sekat yang memisahkan wilayah laki-laki dan wilayah perempuan di Tembok Ratapan, juga memindahkan bangku-bangku, meja/lemari kaca untuk lilin, meja untuk membaca Torah, dan lainnya, setelah adanya komplain dari pihak Waqf terhadap aktivitas di Tembok Barat. Biasanya meja untuk meletakkan kitab Torah yang akan dibaca berada di dekat dinding tembok, tetapi harus dipindahkan karena permintaan Waqf (Muslim Religious Authorities) dengan alasan karena terlalu berdekatan dengan mesjid Al-Aqsa. Keadaan penuh tekanan seperti itulah yang kemudian mendorong bangsa Yahudi untuk mendapatkan otoritas kontrol sepenuhnya atas wilayah Tembok Barat. Dalam periode berikutnya, otoritas pendudukan beralih setelah Turkey dikalahkan oleh Inggris. Dan dibawah "British Mandate" terjadi banyak perselisihan tentang Tembok Barat antara Yahudi dan Islam. Setelah "Balfour Declaration" memberikan bangsa Yahudi status nasionalnya di Tanah Israel, Tembok Barat semakin mendapatkan arti dan signifikansi diantara bangsa Yahudi baik secara tradisional, religious, maupun nasional.

Disisi lain, pihak Arab mulai mengadakan penghasutan-penghasutan di dalam komunitasnya untuk melawan Zionisme yang dikatakan mengambil alih kontrol atas Tembok Barat. Untuk menimbulkan sentimen anti Yahudi, mereka kemudian membuka gerbang selatan di wilayah muslim untuk masuknya binatang-binatang, dengan maksud untuk menajiskan Tembok Barat. Mereka juga "menyaringkan suara" lebih keras lagi dalam ritual-ritual ibadah harian mereka. Mereka juga kembali mengajukan komplain atas dihadirkannya kembali sekat-sekat pembatas dan segala perlengkapan ibadah Yahudi pada perayaan Yom Kippur 1928.
Pada bulan Agustus 1929 orang muslim yang terhasut berkumpul disekitar orang-orang Yahudi yang sedang berdoa di Tembok Barat. Mereka kemudian bergerak anarkis dengan merusak semua obyek ritual Yahudi di Tembok Barat. Perbuatan ini menyebabkan kerusuhan massal beberapa hari kemudian dengan korban nyawa yang cukup besar di pihak Arab. Atas perintah Liga Bangsa-bangsa maka pemerintah pendudukan Inggris kemudian membentuk komite internasional yang terdiri dari tiga pihak: Inggris, Belanda, dan Swiss untuk memantau dan memeriksa setiap pihak yang terlibat dalam kerusuhan dan pertikaian rasial di Tembok Barat, dan mencari jalan pemecahan dan penyelesaiannya.

Peresmian

YERUSALEM: Pusat Bumi?

"Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu ! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anak-nya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau. Lihatlah rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. Dan Aku berkata kepadamu: Mulai sekarang kamu tidak akan melihat Aku lagi, hingga kamu berkata: Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Adonai" (Matius 23:37-39).

NAMA YERUSALEM
Kata "Yerusalem" disebut di dalam Kitab Suci sebanyak 774 kali. Walaupun arti namanya adalah "Kota Damai" namun dalam sejarahnya kota ini selamanya terlibat dengan peperangan dan kekacauan sampai hari ini. Tidak ada satu haripun nama Yerusalem absen dari pemberitaan media masa dunia. Anda dapat mengambil sembarang koran hari ini, nama Yerusalem pasti ada. Anda dapat mendengar berita dari bagian dunia manapun hari ini, nama Yerusalem pasti disebut-sebut. Gejala ini sama sekali bukan terjadi begitu saja, Kitab Suci telah menubuatkan begitu banyak hal tentang tidak adanya damai di Yerusalem sampai berakhirnya pemerintahan manusia di muka bumi ini. Yerusalem akan benar-benar menjadi kota damai pada masa pemerintahan Yeshua Hamasiah di dalam Kerajaan 1000 Tahun. Memang, kenyataan sejarah membuktikan bahwa tidak ada kota di dunia yang mempunyai riwayat konflik yang begitu panjang (selama 4000 tahun) selain Yerusalem. Menurut catatan sejarah, kota ini sejak awalnya memang bernama Yerusalem atau Orsaleem yang berarti "Kota Damai", kemudian karena bermacam-macam dialek bangsa-bangsa yang mendiaminya, kata itu berubah menjadi Yuroshalime, atau Yerushalayim, lalu menjadi Orshamam dan Herusulima, tetapi mempunyai arti yang sama: Kota Damai. Dan pada masa penjajahan Romawi (Kaisar Hardian) kota ini pernah berubah namanya menjadi Elia Capitolina yang berarti "Rumah Tuhan" (menunjuk kepada satu lokasi di puncak gunung Moriah). Di masa pendudukan Turki /Arab kota ini pernah disebut Al Quds atau Beit Al Maqdes, juga disebut Zahrat Al-mada'een yang berarti "Bunga Segala Kota". Tetapi saat ini kota itu kembali kepada sebutan awalnya sesuai apa yang tertulis dalam Kitab Suci, yaitu YERUSALEM atau YERUSHALAYIM.

Dari perubahan-perubahan nama atau sebutan tersebut dapat kita ketahui bahwa Yerusalem memang sejak awalnya telah menjadi ajang perebutan dan sumber konflik global. Apa sebabnya kota Yerusalem menjadi begitu penting untuk diperebutkan dan diduduki dari zaman ke zaman? Ada hal-hal yang bernilai spiritual religius menyelubungi keberadaan Yerusalem, terutama di dalam statusnya sebagai Pusat Bumi dihadapan Tuhan (bd. materi study: Yerusalem Pusat Bumi). Seratus tahun yang lalu hanya ada 24.000 orang Yahudi di Palestina, tahun 1972 menjadi 3.124.000, tahun 1978 meningkat menjadi 3.689.000, tahun 1990 sudah mendekati angka 5 juta jiwa dan tahun 2000 populasi penduduk Israel lebih dari 6 juta jiwa. Sedangkan populasi manusia di kota Yerusalem sendiri tidak kurang dari 2 juta jiwa dewasa ini. Nyata kepada kita, bahwa peperangan dan konflik religius yang terus-menerus selama ribuan tahun di Yerusalem tidak mampu menghancurkan "Biji Mata Tuhan" ini. Bangsa Yahudi tetap eksis bahkan semakin berkembang kuat, dan mereka akan tetap mempertahankan eksistensi mereka di Yerusalem sampai kesudahan zaman walaupun dengan segala permasalahannya tentunya. Kitab Suci telah menubuatkan hal ini secara sangat spesifik.

MOUNT TEMPLE
Sebenarnya Yerusalem telah menjadi kota suci bagi orang Yahudi, orang Kristen, dan orang Islam. Bukit Bait Suci (Mount Temple) di puncak gunung Moriah merupakan lokasi terpenting dari keberadaan Yerusalem secara keseluruhan selama ribuan tahun. Lokasi itu pada awalnya adalah tempat dimana Abraham mempersembahkan anaknya, Ishak. Ditempat itulah berdiri mezbah pertama di dalam dimensi perjanjian Tuhan, yang oleh Abraham didedikasikan kepada YAHWEH ADONAI ELOHIM.

Ketika Abraham meninggalkan lokasi itu untuk bermigrasi ke Mesir, maka orang Yebus mengambil alih lokasi tersebut dengan mendirikan tempat pengirikan dan pemukiman. Pada saat Israel diperintah oleh Raja Daud, lokasi pengirikan Araunah, raja orang Yebus tersebut dibeli oleh Raja Daud (seharga 300 syikal perak) yaitu sekitar tahun 1000 sM. Di lokasi itu kemudian Raja Salomo, atas perintah Tuhan, mendirikan Bait Suci pertama, dikenal sebagai Solomon Temple, yang menjadi pusat kehidupan religius orang Yahudi. Bait Suci Pertama tersebut kemudian dihancurkan oleh Raja Babel, Nebukadnezar, sekitar tahun 586 sM. Seluruh Israel kemudian berada dibawah kerajaan Babelonia, dan orang Yahudi menjadi budak di Babel selama 70 tahun. Renovasi kembali bait Suci terjadi sekitar tahun 516 sM kemudian hancur kembali oleh begitu banyak sebab (alami, politik, dan pemberontakan). Pembangunan Bait Suci Kedua terjadi beberapa saat sebelum pergantian millennium dibawah Raja Herodes I dan II (imperium Romawi). Pada masa Bait Suci kedua inilah Tuhan Yeshua Hamasiah hidup sebagai manusia dan menubuatkan keruntuhan Bait Suci Kedua. Terjadi pada periode berikutnya, kota Yerusalem dihancurkan oleh tentara Romawi dibawah pimpinan Jenderal Titus pada tahun 70 M dan Bait Suci Kedua ikut dihancurkan seluruhnya, nubuatan digenapi, tidak ada satu batupun berdiri diatas batu yang lain, semuanya rata dengan tanah. Sampai sekitar tahun 129 M diatas reruntuhan Bait Suci tersebut orang Romawi mendirikan The Temple Of Jupiter tempat penyembahan tiga dewa utama (Tricameron) mereka, yaitu Yupiter, Yuno, dan Minerva.

ZAMAN BANGSA-BANGSA
Penjajahan Romawi (Kaisar Constantine) ditandai oleh pembangunan gereja Holy Sepulchre tahun 335 M tepat diatas lokasi yang diperkirakan sebagai makam Yeshua Hamasiah (Golgotha). Pemerintahan Muslim dimulai pada tahun 637 dan di simbolkan oleh pembangunan Dome of The Rock atau Mesjid Umar tahun 691 tepat diatas lokasi Bait Suci. Bersama mesjid Al Aqsa yang dibangun sesaat sebelumnya, keduanya menjadi mesjid suci agama Islam ketiga di dunia (setelah Mekah dan Medinah). Kemudian Tentara Salib mengontrol kota Yerusalem dari tahun 1099 sampai 1187, dan selanjutnya kota Yerusalem jatuh ke tangan Sultan Saladin. Disusul kemudian oleh Sultan Ottoman dari Turki yang memenangkan Palestina tahun 1516, dilanjutkan oleh Sultan Suleiman yang membangun kembali tembok kota Yerusalem di tahun 1538, tetap di lokasi tembok kota tua dengan penambahan-penambahan dibeberapa bagian. Selama Perang Dunia I Inggris mengambil alih Yerusalem (1917) dan menetapkan kota itu di dalam "The Palestine Mandate" dari tahun 1922 sampai 1948. Ketika kemerdekaan negara Israel Raya dideklarasikan tahun 1948, kota Yerusalem Timur masih menjadi wilayah Yordania. Seluruh Yerusalem direbut Israel tahun 1967 dan 1973 kemudian di deklarasikan menjadi ibukota Israel sesuai dengan keputusan tahun 1950 (realisasinya terjadi tahun 1998). Selama Perang Enam Hari di tahun 1967 itu, seluruh Yerusalem termasuk sektor-sektor Arab disekitarnya diambil alih oleh Israel yang mengulangi deklarasinya bahwa Yerusalem adalah ibukota Israel. Dan sampai dengan hari ini kota Yerusalem tetap merupakan kota yang unik karena memiliki sejarah penting dari tiga agama (Yahudi, Kristen, dan Islam) yang membuatnya menjadi obyek pertentangan antar agama dan etnik, yang penyelesaiannya tampak berada diluar jangkauan manusia siapapun dia sampai kedatangan Yeshua Hamasiah. Semua tertulis di dalam Kitab Suci.

NEGARA ISRAEL MERDEKA
Tahun 1948 Inggris sebagai pemegang otoritas tanah Palestina tiba-tiba menyatakan tidak bertanggung jawab lagi atas seluruh Palestina yang dikuasakan kepadanya oleh Liga Bangsa-Bangsa yang telah bubar. Perjuangan bangsa Yahudi untuk merdeka dimulai. Tanggal 14 Mei 1948 David Ben Gurion membacakan Deklarasi Kemerdekaan Israel, berisi peresmian berdirinya negara Israel Merdeka dengan wilayah seluas 8000 mil persegi (de- jure), mencakup seluruh Tanah Palestina. Sejak itu, secara politis Israel menjadi fokus utama seluruh dunia. Bahkan berdirinya negara Israel ini merupakan penggenapan nubuatan para nabi tentang "pohon Ara yang bertunas" sangat mengherankan dunia politik, tetapi yang dinanti-nantikan oleh banyak orang Kristen yang mengerti, karena menjadi pertanda yang nyata bahwa kita sedang hidup di ujung dari akhir zaman. Satu fakta sejarah manusia yang paling mengherankan, yaitu bersatunya kembali bangsa Yahudi sebagai suatu negara di Tanah Kanaan. Israel hanya pernah menjadi negara merdeka di zaman Raja Saul, Raja Daud, dan Raja Salomo sebelum akhirnya pecah menjadi Yehuda dan Israel, dan selanjutnya Israel selalu berada dibawah penjajahan negara-negara lain selama lebih dari 2500 tahun. Sejarah juga mencatat tahun 722 sM Samaria dihancurkan dan Kerajaan Yehuda dirampas oleh Asyur. Tahun 600-an sM sisa Israel diangkut ke Babel sebagai budak. Dan sejak tahun 175 sM Kerajaan Romawi mulai menguasai seluruh Israel bahkan menguasai seluruh Asia kecil di tahun-tahun kemudian. Kaisar Hardian menjadikan Yerusalem sebagai kota Romawi dan mendirikan begitu banyak kuil dan mezbah bagi dewa-dewanya. Pada periode berikutnya sejarah dunia kemudian mencatat begitu banyak peperangan memperebutkan kota Yerusalem sampai kepada kemerdekaan Israel tahun 1948. Periode Perang Salib (pergantian millennium pertama) yang penting untuk dicatat karena periode ini membawa Yerusalem kepada penguasaan Katolik Roma, Turki, Arab, dan negara-negara lain silih berganti sampai kepada kemerdekaannya yang merubah peta politik dunia. Sejarah mencatat bahwa lebih dari 2500 tahun Negara Israel Raya"menghilang" dari peta dunia, dan tiba-tiba secara ajaib hadir kembali.

KEGERAKAN YAHUDI
Kebangkitan pertama bangsa Yahudi tercatat pada tahun 1897 ketika Kongres Zionis pertama diadakan di Bassel, Swiss. Pemimpinnya adalah Theodore Herzl, dan targetnya adalah "menciptakan bagi bangsa Yahudi suatu rumah di Palestina yang dijamin oleh hukum". Kebangkitan kedua tercatat tahun 1917 ketika seorang Yahudi yang menjadi Menteri Luar Negeri Inggris, Arthur J. Balfour, mengeluarkan Deklarasi Balfour tanggal 2 November 1917. Deklarasi itu menyatakan persetujuan Inggris untuk menetapkan tempat tinggal bangsa Yahudi di Palestina. Deklarasi ini memberikan kesempatan kepada Zionisme untuk mempunyai hak tinggal di Palestina. Akibatnya terjadi pemulangan besar-besaran orang Yahudi dari diaspora-nya di berbagai bangsa di dunia, menuju Palestina. Hal itu memunculkan tekanan-tekanan politik dari negara-negara Arab dan menjadi sumber konflik yang terus menerus terutama sejak terbentuknya Liga Arab tahun 1945. Klimaksnya, pada 29 November 1947 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan usulan pembagian Tanah Palestina menjadi negara Yahudi (Israel) dan negara Arab (Palestina) dan menjadikan kota Yerusalem sebagai kota Internasional di bawah kekuasaan PBB. Dan Arab menolak usulan tersebut.

YERUSALEM DIBAGI DUA
Seketika setelah Inggris melepaskan pengawasannya atas Israel melalui Deklarasi Balfour dan pernyataan kemerdekaan Israel, pecahlah perang terbuka selama 25 tahun antara Israel dan Arab di Palestina. Kemenangan diraih bangsa Yahudi dengan merebut seluruh bagian kota Yerusalem tahun 1967-1973. Sebelumnya Yerusalem dibagi dua, bagian Barat dikuasai Israel dan bagian Timur (termasuk kota tua yang bertembok) dikuasai bersama oleh Yordania dan Syria sampai Israel menguasai seluruhnya. Terjadi gencatan senjata sejak saat itu.




Sejak 1973 Yerusalem dipersatukan dibawah pengawasan Israel dengan pemberian otonomi khusus kepada Palestina di beberapa "kantong" masyarakat Palestina, termasuk pemberian hak dan kuasa untuk menjalankan ibadah di mesjid Al-Aqsa dan mesjid Umar (Dome of The Rock) dibawah pengawasan Israel. Sementara bagian lain dari Bukit Bait Suci, yaitu Tembok Ratapan tertutup untuk aktivitas Moslem. Daerah Bukit Bait Suci ini kemudian tercatat sebagai daerah yang paling sensitif di dunia bahkan sampai hari ini. Sejarah mencatat bahwa sejak saat itu tidak ada satu kekuatanpun mampu merebut kembali milik pusaka bangsa Yahudi ini, bagi yang mencobanya, seperti ada tertulis, akan terluka parah.
"Sesungguhnya Aku membuat Yerusalem menjadi pasu yang menyebabkan segala bangsa disekeliling menjadi pening ….. Aku akan membuat Yerusalem menjadi batu untuk diangkat bagi segala bangsa. Siapa yang mengangkatnya pastilah mendapat luka parah" (Zakaria 12:2-3).

IBUKOTA DUNIA?
Kitab Suci menubuatkan bahwa Yerusalem akan menjadi ibukota bumi dimasa datang, tepatnya pada periode tujuh tahun tribulation, khususnya pada tiga setengah tahun yang kedua. Antikris dan tentara Uni Eropa akan menduduki Yerusalem melalui perjanjian yang dibuatnya dengan Israel (Daniel 9:27). Ia akan menduduki dan menajiskan Bait Suci (2 Tesalonika 2:4), selanjutnya Antikris akan memerintah seluruh dunia dari Yerusalem (Wahyu 13:7-8) setelah sebelumnya ia membunuh dua saksi Tuhan yang merupakan ancaman bagi dunia baru yang dipimpinnya (Wahyu 11:7-8). Kepadanya diberikan waktu tiga setengah tahun untuk menguasai seluruh dunia dengan memunculkan seluruh kekuatan dari tritunggal setan (Iblis-Antikris-Nabi Palsu) serta system Babel-nya. Kota Yerusalem menjadi ibukota bumi dibawah penguasaan Antikris (bd. materi study: Uni Eropa; Antikris; Invasi atas Israel).

Di akhir masa tujuh tahun itu Tuhan Yeshua Hamasiah akan datang kembali dengan menginjakkan kakinya di Bukit Zaitun. Ia akan mengalahkan dan sekaligus memenjarakan trinitas setan dengan seluruh pengikutnya di jurang maut. Selanjutnya Ia menyatakan keberadaan Kerajaan 1000 Tahun dimana Ia memerintah bumi ini dari Yerusalem selama 1000 tahun. Kali ini kota Yerusalem benar-benar menggenapi namanya sendiri sebagai kota damai. Yeshua Hamasiah memerintah dunia sebagai Raja atas segala raja dan Tuhan atas segala tuhan.
"AKAN TERJADI PADA HARI-HARI YANG TERAKHIR:
gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun kesana" (Yesaya 2:2; Mikha 4:1).

Memang menarik untuk membayangkan kota Yerusalem masa depan sebagai ibukota dunia dari dua masa pemerintahan yang berbeda, yaitu masa 3,5 tahun masa pemerintahan Antikris si penguasa dunia yang akan dilenyapkan, dan masa 1000 tahun pemerintahan Tuhan Pencipta dunia dan segala isinya. Semua itu telah tertulis di dalam Kitab Suci, dan penggenapannya hanya sesaat lagi. Kita merindukan dan menanti-nantikan saatnya dimana segala pemerintahan ditaklukkan dibawah kaki-Nya, dan Yerusalem akan penuh dengan kemuliaan-Nya. Masalahnya bagi kita adalah bahwa kota itu hanya berhak dimasuki oleh mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba Yeshua Hamasiah. Apakah namamu tertulis? Hanya tinggal sedikit waktu lagi bagi kita untuk sungguh-sungguh mengenal Dia, memegang perintah-Nya dan melakukannya sehingga nama kita tercatat atau tetap tercatat di dalam kitab kehidupan. Bagaimanapun, Yerusalem sedang berbenah diri menggenapi statusnya sebagai Ibukota Bumi. Kedatangan Tuhan sudah dekat…! (Red).

YERUSALEM TITIK PUSAT BUMI
Melalui Yehezkiel 38 Tuhan mengisyaratkan bahwa Yerusalem adalah titik pusat bumi, midst of the land, the most important place in the world, the crossroads of the world, the middle of the earth, the center of the earth, the center of the land. Dan lokasi titik nol-nya ada di gunung Moriah, tempat dimana Bait Suci pernah berdiri, yaitu diatas batu karang besar tempat Abraham mempersembahkan Ishak atas perintah Tuhan. Ketika itulah Tuhan menyatakan dirinya sebagai Yehova Jireh (Tuhan yang menyediakan), menyediakan Yeshua Hamasiah bagi penebusan manusia. Abraham mewakili Tuhan untuk melakukan tindakan profetik yang menjadi landasan iman bagi karya salib Hamasiah yang menebus dosa dunia. Dan langkah iman untuk pendamaian dunia ini dimeteraikan dengan darah anak domba (pengganti Ishak) tepat di lokasi titik pusat bumi bagi pendamaian semua manusia di dalam Darah Yeshua Hamasiah. Dari titik Pusat Bumi inilah Tuhan membentuk 12 Wilayah Bangsa-bangsa sebagai jalan keselamatan (Ulangan 32:8) dengan Yerusalem sebagai pintu gerbang hulu-nya. Inilah peta bangsa-bangsa dimata Tuhan, yaitu batas-batas tempat kediaman the gentiles (KIS 17:26) yang sudah ditetapkan-Nya sendiri (bukan batas-batas lokasi territorial negara-negara yang di buat oleh Iblis dan setan-setannya melalui ikatan-ikatan territorial mereka). Wilayah territorial Indonesia ada di dalam gambar tangan, jelas bukan gambar tangan Tuhan sejak mulanya. Di peta Wilayah Bangsa-bangsa negeri ini adalah bagian hilir dari gerbang Alfa dan Omega yang memiliki nilai strategis dan sangat penting bagi penginjilan dunia (kita akan membahasnya kemudian. (Red)
TIPS BAGI YANG INGIN KE YERUSALEM:

Anda perlu memiliki pengetahuan yang cukup tentang Yerusalem. Tanpa itu anda tidak lebih dari tourist yang sedang berpiknik. Bagi mereka yang diperlengkapi cukup pengetahuan akan menangkap dan mengalami hal-hal rohani yang tiada taranya di Yerusalem. Anda yang hidup dalam roh akan merasakan suatu getaran dari kehadiran Elohim yang dahsyat ketika anda mengunjungi "Wailling Wall" atau di "Viadolorosa", terlebih lagi di "Taman Getzemani". Tempat-tempat itu merupakan saksi dari kehidupan Yeshua Hamasiah, Tuhan yang menjadi manusia, pencipta dunia ini. Juga saksi dari kehadiran "Shekinnah Glory" yang tidak pernah berpindah dari Bukit Zaitun. Anda tidak perlu membuang-buang uang bila hanya ingin menjadi tourist, you will get nothing (ada banyak tempat di dunia ini yang lebih indah dari sekedar batu-batuan Yerusalem). Tetapi dengan pengetahuan dan pengertian tentang tempat-tempat khusus di Yerusalem, anda akan mendapatkan spiritual things yang tak ternilai, mendapatkan hikmat & pewahyuan yang akan meningkatkan kualitas manusia rohani anda. Anda akan mendapatkan persepsi yang berbeda tentang hubungan dengan Tuhan. Anda akan mencapai new level of understanding dalam mengenal Dia. Anda akan mendapatkan sesuatu yang tidak dapat di nilai dengan uang. Anda yang datang dengan pengetahuan dan pengertian pada intinya akan mendapat sesuatu yang dahsyat di roh-nya, suatu devine nature yang mengintervensi hidup anda. Yerusalem, kerinduan setiap orang yang ingin lebih mengenal kehidupan Tuhan-nya dalam dimensi spiritual yang menggetarkan siapapun, untuk suatu rhema yang akan merubah cara hidup, cara memberi, dan cara melayani Dia dan pekerjaan-Nya di bumi. Yerusalem ………!